Hunting Kain Brokat

Hola, sebenernya urusan yang ini udah selesai dari beberapa bulan yang lalu, tapi baru inget buat up date hari ini. Awalnya sempet bingung mau beli kain brokat di Mayestik (toko langganan: Fancy) atau Tanah Abang, 2 daerah langganan keluarga buat beli kain. But in the end, gw dan nyokap memutuskan untuk ke Tanah Abang aja. Simply karena lagi males nyetir jauh-jauh ke Mayestik. Urusan harga, sebenernya bersaing ya.. sami mawon lah. Tapi emang kalo di Tanah Abang kadang suka dikibulin kalo ngga tau range harga kain-kain. Kalo di Fancy enaknya itu selalu ada pelayan yang setia ngegelar kain-kain brokat dan dikombinasiin sama beragam kain furing, plus dapet minumnya teh botol bukan aqua gelas, haha. Hasil muter-muter sama nyokap dan sepupu gw, akhirnya inilah kain-kain brokat yang sudah kami beli:
kakak-kakak kandung
eyang-eyang
bude-tante
the mommies
color themes
Harga brokat relatif ya, tergantung toko, jenis, model, dan keberuntungan. Kalo mau belanja kain itu yang penting tau range harga dan nama-nama jenis kainnya aja dulu. Alhamdulillah nyokap gw hobinya emang jalan-jalan di Sunan Giri, jadi doi hafal tuh nama-nama kain dan rata-rata harga dari kain-kain itu. Maklum, siswa les jahit, hehe.

Oiya, selain beli kain brokat untuk resepsi, sebenarnya gw juga udah beli kain brokat keluraga untuk akad nikah, plus kain brokat untuk kebaya akad. Tapi gw belum sempat foto kainnya dan udah terlanjur disebar, so ngga bisa diliat di sini deh. Untuk kain keluarga akad, gw beli di Pasar Baru (toko: Ganesha). Tau toko ini dari penjahit langganan di Sunan Giri yang bilang kalo harga kain di toko Ganesha itu murah-murah, apalagi kalo beli borongan untuk seragam nikah. Setelah ke sana, ternyata benar apa yang dibilang mba Wiwid (penjahit langganan), bahkan banyak yang jauh lebih murah dibandingin Tanah Abang. Satin silk yang gw beli di Tanah Abang (katanya sih ini yang kualitas bagus) dengan harga 30 ribu per/m, di sini bisa dikasih harga 20 ribu per/m (satin silk dan taffeta bridal di sini harganya murah, jangan lupa ditawar).

Anyway, buat yang lagi hunting kain brokat, ini daerah-daerah yang bisa jadi pilihan buat beli kain:
1. Pasar Tanah Abang : Lantai paling dasar, blok A dan B
Toko kain di Tanah Abang bisa dibilang cukup lengkap. Tapi kegedean dan kebanyakan, jadi pusing sendiri mau milih kain yang mana dan toko apa, cape ngiter-ngiter. Kalo mau lebaran suka crowded.
2. Pasar Mayestik : Toko Fancy (tanya aja sama abang-abang di sekitar tempat parkir, pasti pada tau deh)
Enak beli di sini, tiap customer ada pelayannya, lengkap juga, malah suka ada kain-kain bagus yang ngga ada di Tanah Abang. Kalo mau ke sini enakan pagi, kalo siang udah kayak kapal pecah kebanyakan kain digelar-gelar, haha. Asik sih bisa sambil ngaso-ngaso memandang kain, tapi kalo kelamaan yang ada malah tambah bingung mau pilih yang mana.
3. Pasar Baru : Toko Ganesha (di seberang Gramedia persis, ada dua toko dalam satu deret jalan)
Tempat yang paling gw suka, tokonya kecil ngga crowded kyk Tanah Abang atau Fancy. Kalau untuk pilihan emang ngga sebanyak Fancy atau Tanah Abang, tapi kain yang ada bagus-bagus dan banyak kain-kain yang harganya lebih murah dibandingin Fancy atau Tanah Abang.

Good luck everyone, see you on my next post!

17 komentar:

Adinda Rawung mengatakan...

hi, untuk kain2 brokat itu harganya range berapa sampe berapa sih yang kaya dirimu beli? thanks :)

Pra Dina mengatakan...

hi Adinda, kalo untuk foto yang pertama dan keempat itu semi prancis. Semi prancis biasanya ngga beli meteran, tapi perpotong baju (2- 2,5m), range harganya dari 135.000 - 200.000 (biasanya udah plus furing). Ada lagi sih yang katanya impor dari Korea, itu suka lebih mahal. kalo yang prancis asli lebih mahal lagiiii.

yang lagi in itu brokat oki, per m nya kemarin tanya-tanya dari 80.000 ke atas (belum sempet nawar karena ngga beli).

kalo untuk foto kedua dan ketiga, itu brokat biasa. Harganya murah, brokat per m 16.000, furingnya satin, per m 15.000. Kalo range harga brokat per m di Tanah Abang mulai 10.000.

Nadya Ratna Sari mengatakan...

Brokat Oki 80ribuan ya? Aku pernah beli di ITC Cempaka Mas 250rb/m..

Cyedih...

Soalnya bukan orang Jakarta juga sih, jadi ga begitu tau..

Kira-kira fixnya berapa yah si Oki buat seragam the momies di akad?

Anonim mengatakan...

aku bulan besok mau ke jakarta.. mau cari kain brokat juga neh,,, rencananya sih ke tanah abang,, tapi ama penjahit kebayaku disuruh cari di mayestik aja,,, padahal aku hrs beli kain buat 20an saudara juga,, enakan di tanah abang atau mayestik yang lebih murah dan bagus,,,

Pra Dina mengatakan...

@Nadya: kemarin aku dapet harga murah karena belinya banyaaaak. Setauku ada kualitas2 nya, yang dari Korea yang lebih mahal walaupun menurut aku sih bedanya ngga jelas-jelas banget, hehe. Kalo diliat dari jauh sama aja. Harganya emang lagi naik karena brokat model Oki sedang 'in' lagi. Harga yang cukup murah selain 80ribu itu aku pernah dapet 150 ribu per/m. Kisaran harga Oki emang mahal bisa sampe >300 ribu/m. Beda-beda di setiap toko, tanya aja buatan mana terus diamatin halus2nya dan motifnya, banding2in dulu baru beli :)

Pra Dina mengatakan...

@Anonim: kalo aku lebih suka Mayestik, di Fancy motifnya bagus-bagus :)
tapi ini preferensiku aja.. mumpung ke Jakarta coba aja ke Mayestik dan Tanah Abang! hehe.

icha atmadja mengatakan...

kak kalo mau buat dress wedding itu brukatna khusus????

Pra Dina mengatakan...

@icha: tergantung yaa.. kalau umumnya sih pakai tafeta bridal untuk gaunnya. Kalau brokatnya terserah bisa apa aja yang kamu suka. Kemarin sempet diskusi sama penjahit ku dulu sebelum jahit, kalo dia sukanya brokat yang banyak bunganya supaya bisa banyak yang dipotong dan ditempel-tempel (kebayaku bunga2nya ditempel di tile).

Anonim mengatakan...

Hiiii,aku ♏åooº° menjual kain brukat dengan jumlah yang lumayan banyak,siapa †̥ªů Bu Pra dina dan para pembaca berminat.Lokasi bandung jawa barat.
271C77AF 081220850627.

Inney Ovi mengatakan...

Hai mba dina, salam kenal, untuk brokat gambar kedua itu beli dimana? harganya berapa? thanks yah

Pra Dina mengatakan...

@Inney: halo, salam kenal juga :)
kalau brokat gambar kedua itu aku belinya di Tanah Abang, tapi lupa nama tokonya apaa

aulia mohar mengatakan...

dinaaa I need your advice nih kyknyaaa hehe kok jago bgt siap2innyaa huhu

Pra Dina mengatakan...

@aul: hehe, boleh kalo mau info2 yang aku punya :)

BT mengatakan...

Sudah pernah ke De'Majestic di Mayestik ?? waktu keponakanku nikah, kain brukatnya dari sana semua.. motifnya bagus banget dan harganya juga okee banget

ARMAITA MUNTHE mengatakan...

hai mba Dina,,, aku juga ada rencana mau beli brokat utk acara nikahanku. kykx aku tertarik dengan semi prancis yg nomer 4. hargax juga tdk menguras kantong. boleh bantukah nomer HP siapa yg bisa dihubungi utk pemesanannya. soalx aku dari luar pulau jawa.. Thanks

Pra Dina mengatakan...

@Armaita: halo, aku ngga punya nomer hp toko tempat aku beli kain semi prancis itu.. karena belinya muter2 sekeliling tanah abang dan ngga nyatet nama tokonya apa. Maaf ya..

Leni mengatakan...

waw nice info bgt mba pra dina,
org2 kya saya yg mo hunting bahan buat seragam nikahan butuh blog2 bgini hehehehh..

hayooo siapa lg yg punya pngalaman bli bahan murah, jgn lupa tulis nama tokonya ya hahahahah..aq sih nyimak aja

Poskan Komentar